Home » Teknologi » Beberapa Sumber-Sumber Virus Saat Browsing

Beberapa Sumber-Sumber Virus Saat Browsing

Sebagai pengguna internet, Anda harus mengetahui kemudian menghindari apa saja sumber-sumber virus saat browsing, karena dalam dunia internet banyak sekali virus yang disebarkan melalui beragam sumber dan motifnya.

Internet memiliki sisi baik yang dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk melakukan berbagai hal mulai dari chating, penelitian, hiburan, hingga berbelanja. Selain memiliki sisi baik karena memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan-pekerjaannya, Internet juga memiliki sisi yang buruk.

Terutama dengan munculnya pihak-pihak yang ingin merusak atau mengganggu orang lain dan jaringan komputer dengan menyebarkan virus, spyware, worms, trojans atau dengan mencuri informasi pribadi orang lain. Misalnya saja informasi akun bank dan informasi kartu kredit.

Seringkali banyak orang melakukan kesalahan-kesalahan sederhana yang ternyata bisa berakibat fatal. Kesalahan-kesalahan ini terlihat begitu sederhana dan sepele sehingga terkadang kita tidak menyadari bahaya yang bisa muncul setelah kita melakukannya.

Pada dasarnya, ada tiga macam sumber yang bisa membahayakan diri Anda saat sedang melakukan browsing. Ketiga sumber tersebut perlu Anda ketahui agar bisa diwaspadai. Berikut ini ketiga sumber tersebut:

1. Email dan Instant Messaging bisa menjadi sumber virus dan pesan yang dikirimkan oleh para spammers melalui kedua media ini. Pesan-pesan yang dikirim tersebut biasanya me miliki attachment atau script yang berbahaya dan mulai beroperasi ketika Anda membaca atau melihat preview email tersebut.

Sebagian besar virus yang disebarkan melalui email mulai beraksi ketika peneriima email tersebut mengklik dokumen atau program pada file attachment email. Beberapa virus akan meneruskan file yang telah terinfeksi ke alamat email lain yang bisa ditemukan.

Misalnya saja virus Netsky. Virus ini memiliki kemampuan mencari file-file dalam komputer Anda yang berisi alamat email dengan format file HTML atau EML. Selanjutnya virus ini akan mengirimkan file yang telah terinfeksi tersebut ke alamat alamat email yang telah ditemukannya tersebut.

Beberapa virus seperti Kakworm dan Bubleboy, bahkan bisa menginfeksi komputer ketika Anda membaca email yang tampak normal namun sebenarnya mengandung script virus tersembunyi.

Karena itu, diharapkan tidak membuka email jika Anda merasa tidak mengenal pengirim email tersebut. Kecuali jika email tersebut dikiriim oleh pengelola webmail, misalnya Yahoo atau Google.

Dan jangan sekali-kali mendownload file Attachments atau file lampiran pada email yang mengharuskan Anda menjalankan file tersebut. Anda hanya boleh mendownload file-file attachments yang berbentuk file teks atau file Archives saja.

Apa bila Anda mendownload file Attachments atau file lampiran pada email, diharuskan men-scan file Archives terlebih dahulu menggunakan antivirus sebelum Anda membukanya.

2. Situs-situs underground yang menawarkan barang bajakan atau pornografi. Situs-situs semacam ini biasanya banyak menyertakan virus dan spyware secara terselubung bersama produk yang diberikan. Anda jangan pernah mengklik sebuah link yang tidak sesuai dengan sumber atau situs yang Anda buka.

3. Program-program yang di download dari internet seperti game dan program-program gratisan dengan informasi pembuat program yang tidak jelas. Sebaiknya, jika Anda ingin mencari sebuah program melalui Internet, pastikan Anda mendownload-nya dari situs yang jelas serta dilengkapi dengan informasi pembuat program, fungsi program, cara instalasi, dan informasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*