Home » Teknologi » Cara Agar Layar Ponsel Kembali Menjadi Sensitif

Cara Agar Layar Ponsel Kembali Menjadi Sensitif

Setelah pemakaian cukup lama, biasanya terdapat masalah yang sering dialami oleh pengguna ponsel pintar yaitu kurang responsif dan sensitifnya layar. Indikasinya layar sentuh kurang sensitif dan responsif terhadap sentuhan ditandai dengan ciri bila ditekan berulang-ulang baru bisa bekerja. Kejadian ini tentu saja membuat pengguna jengkel dan ingin mengganti ponselnya.

Perlu diketahui tidak semua ponsel pintar memiliki jenis layar sentuh yang sama, pilihan jenis layarnya tergantung dari pemilik perusahaan. Biasanya perusahaan akan memilih jenis TFT kapasitif, IPS, AMOLED, dan super AMOLED, tergantung dari pasar yang akan dituju, karena setiap jenis layar tersebut memiliki harga dan kualitas yang berbeda-beda pula.

Jika ingin membuat layar ponsel kembali sensitif, maka pengguna harus melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Silahkan ikuti cara dibawah ini, yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini.

Berikut beberapa cara membuat layar ponsel kembali sensitif:

1. Jika ponsel Anda memiliki kapasitas RAM yang kecil, maka hapus aplikasi yang tidak terpakai agar memberikan ruang tambahan yang dapat meringankan kinerja RAM. Bisa saja sumber masalahnya disebabkan kapasitas RAM yang telah penuh.

2. Lepaskan baterai dari ponsel dan biarkan selama beberapa jam, lalu masukkan kembalikan baterainya. Proses ini akan membersihkan dan menyegarkan perangkat lunak pada ponsel Anda.

3. Cobalah untuk meng-kalibrasi layar sentuh ponsel dengan pilih Pengaturan, Pengaturan Ponsel, pilih Kalibrasi, ikuti petunjuk proses kalibrasinya.

4. Upgrade firmware versi lama ke firmware versi terbaru. Proses ini akan mengatasi kesalahan perangkat lunak yang menjadi penyebab layar sentuh kurang responsif dan sensitif.

5. Jika ponsel Anda mendukung multitouch, silahkan instal aplikasi SGS Screen Booster. Untuk menggunakan aplikasi ini, silakan centang “start service on boot” serta pilihlah “optimized” pada profilnya, sehabis itu atur sesuai keinginan Anda dan restart restart ponsel Anda. Aplikasi ini dapat membuat layar ponsel kembali sensitif.

6. Pengguna bisa menginstall Pixel Fixer, aplikasi ini akan memperbaiki dead pixel di layar. Dengan dibantu rangsangan sinyal dinamis yang dihasilkan oleh aplikasi Pixel Fixer, dapat membuat layar ponsel kembali sensitif.

7. Jangan memakai charger yang bukan bawaan karena arus listrik yang dihasilkan berbeda, arus listrik yang terlalu tinggi akan membuat lonjakan arus pada layar ponsel dan menjadikannya eror. Jika digunakan dalam jangka waktu lama dapat membuat layar ponsel kurang sensitif.

8. Mengganti ke Tempered Glass yang lebih tipis, jika tempered glass terlalu tebal, dapat mengurangi sensitivitas layar.

9. Kembalikan ke setingan pabrik, caranya masuk ke menu, pengaturan, pengaturan ponsel, kembalikan ke settingan pabrik, lalu pilih tunggu sampai ponsel restart.

10. Jika cara di atas belum mampu membuat layar oonsel kembali sensitif, maka Anda harus mengganti layar sentuh ponsen Anda.

Silakan coba semua cara di atas untuk membuat layar ponsel kembali sensitif, jika semua cara sudah dicoba tapi tidak berhasil, mungkin sudah saatnya Anda membeli ponsel baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*