Home » Tutorial » Cara Untuk Melaporkan Berita Hoax di Facebook

Cara Untuk Melaporkan Berita Hoax di Facebook

Sangat penting sekali untuk diketahui oleh pengguna media sosial khususnya facebook tentang tata cara melaporkan berita hoax yang bertebaran di dindingnya, ini berguna untuk menekan dan memerangi serta menangkal penyebarannya, ini dilakukan agar masyarakat mendapatkan berita yang benar-benar valid dan kredibel.

Hoax adalah pemberitaan palsu dan upaya penyebarannya yang bertujuan agar para pembaca percaya terhadap berita palsu tersebut. Seringkali hoax itu berisi hal-hal negatif, provokatif, sektarian, ujaran kebencian yang dapat memecah belah bangsa.

Tujuan pembuatan berita hoax adalah untuk membuat sensasi, mendoktrin para pembaca dan mendongkrak rating atau trafik pengunjung di web atau blog.

Penulis berita hoax menjalankan bisnisnya dengan menyasar dan memanfaatkan kelompok masyarakat yang mempunyai akar kebencian dan fanatisme terhadap sesuatu, menyemainya dengan isu berita hoax provokatif yang semakin menggelorakan rasa benci dan fanatismenya.

Atas dasar kebencian itulah menjadikan masyarakat menerima dan menelan bulat-bulat semua informasi yang ada sebagai sebuah kebenaran, mereka tidak mampu lagi berfikir kritis, yang terpenting tujuannya tercapai untuk menjatuhkan kelompok yang dibenci tersebut.

Masyarakat jadi lebih mudah membagikan sehingga viral dibanding tulisan-tulisan bagus dan valid. Karena sudah fanatik dan candu.

Menurut Komunitas Masyarakat Anti Hoax, bisnis yang mereka lakukan dalam menyebarkan berita hoax tersebut mampu mendulang keuntungan yang masif, analisisnya satu tahun bisa sampai sekitar Rp.600 sampai 700 juta,”. Keuntungan ini didapat dari tingginya jumlah trafik pengunjung web/blog yang otomatis memberikan banyak jumlah “Klik” ke iklan Google AdSense.

Melihat perkembangan yang semakin menggurita, facebook membuat strategi dalam memerangi berita hoax di antaranya:

  • Mempermudah pelaporan berita palsu
  • Menampilkan artikel terkait yang berkualitas di bawah posting-an
  • Memblokir penayangan iklan dari pihak ketiga yang diketahui membuat dan mengedarkan informasi palsu
  • Memberi label atau peringatan akan kualitas sebuah situs atau isi berita
  • Sistem deteksi berita palsu (hoax) yang lebih yang andal
  • Menggandeng pihak ketiga berupa organisasi pemeriksa fakta untuk verifikasi informasi

Disini, saya akan membagikan tentang cara melaporkan berita hoax atau palsu di facebook sebagai berikut:

  1. Jika ada berita hoax muncul di akun facebook anda, maka segeralah melaporkannya dengan memilih menu di bagian kanan atas berita.
  2. Akan muncul jendela baru bertuliskan “Help us understand what’s happening”.
  3. Pilihlah pada pilihan “I think it shouldn’t be on Facebook”. Lalu klik Continue.
  4. Akan muncul jendela baru “Help us understand what’s happening”, lalu pilihlah pada pilihan “It’s a false news story”, lalu klik Continue.
  5. Akan timbul jendela tambahan baru “What You Can Do”. Di sini Anda bisa memilih untuk memblok pembagi berita palsu, memblokir situs berita palsu, menyembunyikan semua pos dari akun pembagi serta menyembunyikan semua pos dari situs berita palsu dan pilihan terakhir adalah memberitahukan akun pembagi. Pilihlah yang Anda inginkan lalu klik Continue.
  6. Selesai.

Itulah salah satu cara melaporkan berita hoax atau palsu di facebook. Semoga bisa bermanfaat buat kita untuk menangani berita berita hoax yang sekarang terus beredar di media sosial.

Terimakasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*