Home » Teknologi » Cara Untuk Membuka Smartphone yang Terpassword

Cara Untuk Membuka Smartphone yang Terpassword

Sebagai pengguna smartphone, seringkali kita melupakan password ketika akan membukanya untuk sekedar melakukan panggilan atau mengecek pesan masuk.

Memberikan password adalah sebuah keharusan untuk melindungi smartphone dari orang yang iseng atau lebih parahnya berniat jahat. Banyak jenis password yang disediakan di android, antara lain berupa pola, kombinasi angka dan huruf (password), PIN, atau sensor fingerprint.

Entah karena kerumitan password yang diterapkan atau karena alsan lain, banyak pengguna smartphone yang lupa dengan password yang sudah diterapkan sebelumnya. Karena itu perangkat Android tidak bisa diakses atau tidak dapat digunakan.

Berikut saya akan memberikan informasi yang mungkin dibutuhkan pengguna tentang cara membuka smartphone yang terpassword sebagai berikut:

Android Device Manager

Android Device Manager adalah perangkat lunak buatan Google, yang memungkinkan pengguna dapat melacak smartphone Android yang hilang, menghapus data dari jarak jauh, membuka password, dan bahkan dapat mengunci smartphone dari jarak jauh.

Untuk membuka smartphone yang terpassword, pengguna bisa menggunakan browser di smartphone android yang lain, atau bisa menggunakan browser komputer untuk mengakses layanan google ini. Pastikan, kamu masuk dengan akun Google yang sama dengan akun yang terdaftar di smartphone dan smartphone terhubung dengan internet.

Kemudian buka link Android Device Manager, akan terdapat tiga pilihan yakni Deringkan, Kunci, dan Hapus. Lalu kamu pilih Kunci atau Lock. Jika Android Device Manager mengalami kesulitan menemukan perangkat kamu, klik tombol refresh browser beberapa kali.

Setelah klik tombol Kunci atau Lock, kamu akan diminta untuk memasukkan password baru, yang akan menggantikan pola, PIN, atau password lama yang kamu lupakan. Ketik password baru dua kali untuk mengonfirmasi pilihan kamu, lalu klik tombol Lock. Dari sini, tunggu setidaknya 5 menit. Smartphone yang terpassword sudah bisa digunakan dengan password yang terbaru.

Factory Data Reset

Ini adalah cara paling ampuh untuk membuka smartphone yang terpassword namun dengan konsekuensi harus merelakan hilangnya semua data yang tersimpan di memori internal.

Untuk masuk ke Recovery Mode ini bervariasi tergantung pada jenis dan merek smartphone pengguna. Biasanya dimulai dengan mematikan smartphone dan menyalakannya, ketika layar hitam, tekan tombol power dan tahan volume bawah secara bersamaan untuk masuk ke “Recovery mode“.

Gunakan tombol volume untuk menyorot pilihan Wipe Data/Factory Reset, lalu tekan tombol daya untuk memilihnya. Ketika proses selesai, pilih Reboot system now dan selesai, perangkat akan hidup kembali dengan kondisi seperti saat pertama kali beli dan Anda dapat masuk tanpa sandi atau pola.

Samsung Find My Mobile

Jika anda menggunakan perangkat Samsung, bisa mencoba cara berikut ini. Anda bisa mencoba layanan khusus dari Samsung yakni Find My Mobile. Caranya buka link Find My Mobile dari browser, kemudian login ke akun Samsung.

Setelah kamu login ke akun Samsung, klik tombol Lock my screen di panel sebelah kiri. Masukkan PIN baru dan klik tombol Lock. Dalam tiga menit, password lama akan hilang berubah menjadi password terbaru dan smartphone kamu pun siap gunakan kembali.

Jika anda mengetahui cara lain untuk membuka smartphone yang terpassword, anda bisa berbagi informasi di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*