Home » Kesehatan » Khasiat Daun Jarak bagi Kesehatan

Khasiat Daun Jarak bagi Kesehatan

Tanaman jarak merupakan tanaman perdu yang tumbuh sekitar 0 hingga 800 meter diatas permukaan laut dan bisa juga disebut tanaman dataran rendah dengan tinggi tanaman mulai dari 2 hingga 3 meter. Tanaman jarak ini sangat mudah untuk dikembangbiakkan atau dibudidayakan.

Jarak memliki batang tanaman yang berbentuk bulat dan licin, memiliki rongga pada bagian dalam batangnya, berbuku-buku (dapat dilihat dengan jelas pada bagian luar batang) dengan mempunyai tanda bekas daun yang telah lepas dari batangnya, warna batang pada tanaman jarak ini adalah hijau bersemburat merah tengguli. Sementara daun pada tanaman jarak merupakan daun tunggal, tumbuhnya berslang-seling pada setiap bagian batangnya, berbentuk bulat dengan diameter masing-masing daun yaitu antara 10 sampai dengan 49 sentimeter, bercangap menjari dengan jumlah antara 7 hingga 9, dan pada ujung daun merupakan bentuk runcing, tepian bergigi, warna pada permukaan atas daun adalah hijau tua sementara warna pada permukaan bawah daun adalah hijau muda.

Tanaman jarak biasa kita jumpai di hutan-hutan sehingga tak jarang orang menganggap bahwa jarak hanyalah merupakan tanaman biasa yang tidak memiliki manfaat apapun pada setiap bagiannya mulai dari daun hingga akarnya. Padahal menurut penelitian yang telah dilakukan khasiat daun jarak bagi kesehatan sangatlah banyak, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Dapat mengobati penyakit kulit
Daun jarak yang dicuci dengan bersih lalu ditumbuk secara halus sesungguhnya dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit kulit seperti koreng. Koreng merupakan bekas luka yang biasanya memiliki diameter cukup lebar sehingga untuk menunggu koreng tersebut kering membutuhkan waktu yang lama dan tumbukan daun jarak yang halus ini dapat dioleskan pada koreng yang masih basah. Tidak lama setelah itu luka koreng yang ada dapat dengan cepat mengering dan mengelupas dengan sendirinya.

2. Dapat mengobati kanker serviks
Penyakit kanker merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia, dan diantara kanker yang paling berbahaya serta dikhawatirkan bagi kaum wanita adalah kanker serviks. Dengan menggunakan ramuan dari daun jarak ini maka seseorang yang menderika penyakit kanker serviks akan segera sembuh. Cara yang dapat dilakukan untuk mengobati kanker serviks dengan menggunakan daun jarak adalah mengambil beberapa lembar daun jarak yang telah dicuci dengan bersih untuk kemudian direbus menggunakan air sebanyak 3 gelas. Setelah benar-benar mendidih maka ramuan daun jarak ini dapat dikonsumsi secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari selama kurang lebih seminggu.

3. Dapat digunakan sebagai obat pencahar
Apabila seseorang menderita susah buang air besar, maka hanya dengan menggunakan ramuan dari daun jarak ini, secara cepat dapat melancarkan pencernaan sehingga buang air besarpun bisa dilakukan dengan lancar dan teratur. Cara yang dapat digunakan adalah dengan mengambil daun jarak sebanyak beberapa lebar saja untuk kemudian dikukus dan dimakan sebagai lalapan. Khasiat daun jarak bagi kesehatan inilah yang menyebabkan banyak orang membudidayakan tanaman jarak.

Demikian merupakan beberapa khasiat daun jarak bagi kesehatan yang bisa dipraktekkan siapa saja dan semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*