Home » Kesehatan » Khasiat Daun Kelor bagi Kesehatan

Khasiat Daun Kelor bagi Kesehatan

Daun kelor yang sebenarnya kaya akan gizi dan protein tinggi ini memang belum banyak dimanfaatkan dengan baik oleh sebagian masyarakat luas, dikarenakan mereka belum mengetahui secara pasti manfaat maupun khasiat daun kelor yang sebenarnya. Oleh sebab itu perlu adanya penelitian yang lebih lanjut untuk lebih membuktikan bahwa sebenarnya daun kelor memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan tubuh manusia. Daun kelor yang diremas-remas mampu digunakan untuk menutup luka pada permukaan kulit yang terkena luka, bisa luka koreng maupun luka bakar yang ringan hingga berat.

Kandungan anti biotik yang terdapat didalam daun kelor lah yang mampu membantu menutup luka yang terdapat di bagian permukaan kulit. Namun sesungguhnya masih terdapat banyak khasiat daun kelor bagi kesehatan tubuh manusia, salah satu misalnya yaitu dapat dipergunakan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit yang berat sekalipun. Penyakit-penyakit berat yang dapat disembuhkan dengan menggunakan daun kelor antara lain adalah menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, sebagai anti inflamasi hingga dapat digunakan sebagai penurun kadar gula dalam tubuh.

Kemampuan daun kelor untuk pengobatan yang telah disebutkan tidak luput dari berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang banyakk terdapat di dalam daun kelor. Kandungan-kandungan zat yang bermanfaat bagi kesehatan di dalam daun kelor antara lain adalah seperti Vitamin C yang mampu memberikan tambahan imun tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh yang bertambah. Selain itu di dalam daun kelor juga terkandung potassium juga ada kalsium, dimana potassium merupakan zat yang sangat penting untuk perkembangan otak seseorang dan sistem saraf. Telah banyak diketahui bahwa buah pisang adalah sumber potassium yang sangat baik.

Namun daun kelor mengandung potassium 3x lebih banyak daripada pisang. Maka dari itu daun kelor memiliki manfaat yang 3x lebih banyak daripada buah pisang. Dan untuk kandungan kalsium yang terdapat di dalam daun kelor bisa dimanfaatkan untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi yang kuat dan membantu mencegah osteoporosis. Susu menyediakan banyak kalsium tapi kalsium pada daun kelor 4x lebih banyak dari kalsium susu.

Daun kelor dapat membantu membangun kembali tulang-tulang yang lemah, mengatasi kekurangan darah dan membantu para ibu yang kekurangan gizi untuk memenuhi gizi bagi bayinya. Para dokter di Africa menggunakan daun kelor untuk pengobatan diabetes dan di India daun kelor digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Begitulah sebagian dari khasiat daun kelor bagi kesehatan yang dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Dari hasil analisa penelitian yang telahh banyak dilakukan, kandungan nutrisi yang dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengonsumsi daun kelor akan terbantu untuk meningkatkan energi dan ketahanan tubuhnya.

Selain kandungan-kandungan pada daun kelor yang telah disebutkan tadi, beberapa kandungan dan khasiat daun kelor bagi kesehatan yang lain adalah sebagai berikut : vitamin A (menyehatkan penglihatan), Choline (menyembuhkan penumpukan lemak pada liver), vitamin B1 (menyembuhkan beri-beri), vitamin B2 (menyembuhkan kulit kering dan pecah-pecah), vitamin B3 (menyembuhkan dermatitis), vitamin C (menghentikan pendarahan gusi), kalsium (mencegah osteoporosis), zat besi (menyembuhkan anemia), protein (mengobati rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*