Home » Kesehatan » Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi, namanya juga daun kemangi sudah pasti memiliki aroma yang wangi dan khas . Daun kemangi memang sangat dikenal sebagai lalapan. Selain itu pula, daun kemangi biasa dimakan bersamaan dengan daun kubis, irusan ketimun dan sangat cocok dengan sambal, biasa dipadukan dengan ayam goreng ataupun ikan goreng. Di thailand dikenal sebagai manglak dan juga sering dijumpai dalam menu masakan setempat.

Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut mengenai khasiat daun kemangi, saya akan jelaskan terlebih dahulu mengenai daun kemangi itu sendiri. Kemangi merupakan hibrida antarspesies antara dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. Ia dikenal juga sebagai O, Basilicum Var. anisatium Benth. Kemangi merupakan tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang banyak. Tanaman ini berbentuk perdu yang tingginya dapat mencapai 100cm. Bunganya tersusun di tandan yang tegak.

Daunnya panjang, tegak, berbentuk taji atau bulat telur, bewarna hijau dan berbau haru. Ujung daun bisa tumpul atau bisa juga tajam, panjangnya mencapai 5 cm. Permukaan bergerigi atau juga rata. Wanginya seperti cengkih dan rasanya sedikit pahit.

Adapun beberapa Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan, sebagau berikut :

1. Khasiat daun kemangi bermanfaat untuk menurunkan demam dan mengatasi masuk angin pada Balita. Caranya : Ambil beberapa daun kemangi, kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, dan punggung, sehingga ramuan tersebut dapat mengatasi perut kembung/masuk angin dan deman pada anak balita.

2. Khasiat daun kemangi bermanfaat untuk melancarkan ASI.
Untuk melancarkan ASI, anda dapat mengkonsumsi langsung / membuat lalapan daun kemangi segar dipercaya dapat mencegah bau badan dan bau mulut, serta memperlancar ASI.

3. Khasiat daun kemangi untuk menunda menopause.
Ternyata daun kemangi berkhasiat menunda menopause karena daun kemangi memiliki kandungan zat triptofan. Jadi, jika anda ingin menunda proses menopause, cobalah mengkonsumsi daun kemangi ini.

4. Khasiat daun kemangi untuk mengatasi keputihan
Nah, bagi anda para wanita yang sering keputihan harus mengkonsumsi daun kemangi ini. Karena kandungan senyawa eugenol yang terdapat pada daun kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan.

5. Membantu pematangan sel telur (ovulasi).
Daun kemangi juga memiliki kandungan zat stigmaasterol yang dapat merangsang pematangan sel telur (ovulasi).

6. Sebagai Anti Peradangan.
Daun kemangi juga mengandung zat cineole, myrcene dan eugenol yang berfungsi sebagai antibiotik alami dan antiperadangan.

7. Memelihara kesehatan Jantung.
Daun kemangi memiliki kandungan betakaroten dan magnesium pada kemangi, yang merupakan mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung

8. Meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.
Kemangi memiliki kandungan isoflavon yang dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.

9. Khasiat daun kemangi juga bermanfaat untuk menyembuhkan untuk sakit kepala, pilek, diare, sembelit, cacingan, dan gangguan ginjal. Pengobatan menggunakan daun kemangi lainnya, yaitu dapat mengatasi sakit maag, perut kembung, masuk angin, kejang-kejang, dan badan lesu. Selain itu, aroma kemangi dapat menolak gigitan nyamuk.

Sedangkan Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan yang disuling dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti muntah-muntah, infeksi usus, radang lambung, serta gas dalam usus. Juga, gangguan kepala (seperti sakit telinga, demam, sakit saluran hidung, migrain), gangguan otot (kejang-kejang atau kram), dan gangguan saraf (kecemasan, depresi, histeria, lemah saraf, insomnia).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*