Home » Teknologi » Penyebab Kuota Internet Yang Cepat Habis

Penyebab Kuota Internet Yang Cepat Habis

Setiap manusia di era digital tak bisa lepas dari internet, setiap hari mereka terhubung satu sama lain berkomunikasi dan mencari informasi secara realtime.

Untuk melakukan komunikasi dan mencari informasi tersebut membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit. Apalagi menggunakan internet untuk menyelesaikan pekerjaan, atau mencari hiburan seperti bermain game online, dan streaming musik atau video. Tentu Semua aktivitas tersebut dapat membuat kuota internet cepat habis.

Aktivitas utama yang membuat kuota internet cepat habis karena kebanyakan pengguna smartphone suka mengunduh aplikasi dan streaming video dengan beban memory yang begitu besar tanpa menggunakan koneksi Wi-Fi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya Anda merencanakan pemakaian data pada smartphone agar tidak menghabiskan satu kilobyte-pun untuk sesuatu yang tidak diperlukan.

Pertama, cobalah menggunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini, mengapa Opera mini? Karena mampu mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu menyedot data internet yang besar. Opera Mini mempunyai fitur data-saving yang berfungsi untuk menghemat kuota internet. Ketika Anda terkoneksi ke Wi-Fi, Opera Mini secara otomatis akan mematikan fitur data-saving dan kembali kepengaturan default dimana Anda akan mendapatkan pengalaman browsing yang baik dan sempurna.

Browser bawaan android tidak mempunyai fitur data-saving sehingga penggunaan kouta internet cukup besar.

Kedua, sering mengunggah video ke YouTube bisa memakan banyak kuota internet tergantung pada setting yang diterapkan pengguna. Karena itu, ada baiknya Anda menggunakan koneksi WiFi saja saat ingin mengunggah video.

Ketiga, sering melakukan video call, aktivitas ini membutuhkan banyak kuota internet. Namun, besaran konsumsi tersebut berbeda-beda tergantung pada aplikasi serta resolusi video yang digunakan. Umumnya, video call mengonsumsi bandwidth 3 MB per menit.

Jika tidak mau kehabisan kuota, sebaiknya kurangi obrolan menggunakan video, dan hanya melakukan panggilan biasa.

Keempat, bermain game online diperkirakan membutuhkan 1 MB data per menit. Permainan dalam durasi yang panjang akan semakin meningkatkan konsumsi kuota.

Kelima, streaming video merupakan aktivitas paling cepat dalam menghabiskan kuota internet. Konsumsi data streaming video bisa mencapai 50 MB per menit.

Keenam, pengaturan auto update di Play Store dapat mempercepat habisnya kuota internet. Untuk menyiasatinya Anda bisa atur update aplikasi jika hanya terhubung dengan WiFi.

Ketujuh, sosial media merupakan salah satu aktivitas yang boros kuota. Apa lagi jika setiap saat check in, posting, share photo atau sekedar mengecek timeline.

Karena itu, sebelum melakukan aktivitas-aktivitas internet yang menghabiskan banyak kuota pengguna harus terlebih dahulu memakai jaringan WiFi. Kemudian hanya menggunakan koneksi paket data untuk koneksi-koneksi ringan saja misal mencari informasi, membaca berita atau membaca status di media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*